Pengukuhan APIO Wilayah Kalimantan Selatan

Banjarbaru, 04 September 2015,

Asosiasi Psikologi–Himpsi di Wilayah Kalimantan Selatan kembali bertambah satu setelah dikukuhkannya kepengurusan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) Wilayah Kalimantan Selatan Periode 2015 – 2018 oleh Ketua APIO Pusat Prof. Dr. Fandy Suhariadi, M.T., Psikolog dan Sekjen APIO Pusat Dimas Aryo Wicaksono, M.Sc disaksikan oleh Ketua Himpsi Kalimantan Selatan, Siti Asiyah, S. Psi, Psikolog. Kegiatan Pengukuhan dan Diskusi Keilmuan Psikologi Industri dan Organisasi bertempat di Ruang Sidang Lt. 2 Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat pada hari jumat sore (04/09) di hadiri oleh Perwakilan Pengurus Himpsi Kalsel, Anggota APIO, Perwakilan Program Studi Psikologi Unlam, Himpunan dan Mahasiswa Psikologi Unlam

“Di Wilayah Himpsi Kalimantan Selatan sendiri sudah terbentuk enam Asosiasi Psikologi yaitu APSI (Asosiasi Psikologi Sekolah), IPK (Ikatan Psikologi Klinis), Apsifor (Ikatan Psikologi Forensik), API (Asosiasi Psikologi Islam) dan terakhir APIO (Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi)” Ujar Siti Asiyah dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, ditambahkan lagi oleh beliau bahwa dengan banyaknya asosiasi yang terbentuk maka harapannya akan membuat masyarakat menjadi lebih banyak mendapatkan manfaat dari pentingnya psikologi di berbagai bidang ilmu psikologi.

Dalam sambutannya Ketua APIO Pusat, Prof. Dr. Fendy Suhariyadi, M. T memaparkan bahwa “APIO Perwakilan Kalsel merupakan satu-satunya perwakilan APIO di luar Pulau Jawa, dengan terbentuknya APIO di Kalsel maka Pengurus APIO Kalsel sebaiknya melakukan identifikasi kebutuhan di Kalimantan Selatan agar  nantinya akan diketahui apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kalimantan Selatan, sebab masing-masing daerah memiliki kekhasan sendiri terhadap kebutuhan di bidang PIO tersebut”.

Sekjen APIO Pusat Dimas Aryo Wicaksono, M.Sc menjelaskan “selain berkaitan dengan keanggotaan, yang menjadi issue utama Himpsi dan Asosiasi Psikologi Pusat adalah Pendidikan Berkelanjutan, kedepannya akan disusun kurikulum dan kompetensi agar S1 Psikologi atau S2 Psikologi  di bidang PIO akan tersertifkasi dengan berbagai materi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya di Bidang PIO”.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peserta kepada ketua APIO dan Sekjen Pusat dalam sharing keilmuan berkaitan dengan mekanisme sertifikasi pendidikan berkelanjutan, kompetensi yang dimiliki oleh Psikolog Industri dan Organisasi, trik dan peluang untuk membenahi Perusahaan yang “sakit” dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan PIO Pusat. Kegiatan sore tersebut diakhiri dengan Foto bersama Ketua APIO dan Sekjen APIO Pusat beserta Pengurus APIO Kalsel, Himpsi Kalsel dan Anggota APIO Kalsel

Susunan Kepengurusan APIO Wilayah Kalsel

Ketua                                   : Dr. (can) Ermina Istiqomah, M. Si, Psikolog

Wakil Ketua                        : Raudah, S. Psi, Psikolog

Sekretaris                            : Shanti Komalasari, M. Psi, Psikolog

Bedahara                             : Ceria Hermina, M. Psi, Psikolog

Koordinator Keilmuan       : Silvia Kristanti, T.F, M. Psi, Psikolog

Koordinator Kerjasama     : Rooswita Santia Dewi, M. Si, Psikolog

 

IMG-20150904-WA003 IMG-20150904-WA002 IMG_20150904_182856 IMG_20150904_164153

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *